Kamis, 02 Juli 2009

Mamat Pengen Jadi Dokter

“Enyak, jangan sakit dong. Ntar yang ngurusin Mamat sama Babeh siape?”

Mamat yang sedang mengompres Enyak dengan lap basah mencoba menahan tangisnya. Udah tiga hari ini Enyak terserang demam yang tinggi dan kini Enyak hanya bisa terbaring di tempat tidur saja.

“Nyak, Mamat anterin ke Dokter lagi, ye? Katanya kalau tiga hari panasnya enggak berhenti kudu cek darah. Kan sekarang penyakit Demam Berdarah sama Tipes lagi in, Nyak! Bahaya kan kalau enggak cepet-cepet diobatin,” bujuk Mamat pada Enyak.

Enyak mengangguk lemah. “Iye, Mat! Enyak mau ke Dokter lagi deh,” ujarnya parau.

Mamat segera memapah Enyak menuju ke ruang tamu dan menyediakan bangku untuk Enyak duduki.

“Enyak tunggu disini bentar ye. Mamat mau ambil motor dulu.”

“Mat, Elo mau nganter Enyak ke Dokter pake motor? SIM elo kan belum jadi. Nanti kalo kena tilang Pulisi, gimane?” tanya Enyak khawatir.

“Tenang aje deh, Nyak. Kite lewat jalan kampung aje. Pan Pulisi mah enggak ngerazia daerah begituan,” jawab Mamat santai sambil mengambil motornya yang sedang nangkring di garasi.

Setelah semuanya siap, mereka pun berangkat menuju rumah sakit terdekat. Mamat segera mendaftarkan nama Enyak di bagian pendaftaran.

“Nah, Nyak! Sekarang tinggal nunggu dipanggil nih. Enyak kudu tenang ye?”

“He eh.” Enyak menjawab dengan anggukan kepala juga.

Mamat memandang ke seluruh area ruang tunggu rumah sakit, memperhatikan pasien-pasien yang datang berobat dan satu lagi perhatiannya tertuju pada Suster-suster jaga atau yang sedang lalu lalang di hadapannya. Semuanya cantik dan menarik, dan mereka murah senyum. Mamat seperti melihat banyak bidadari berseliweran dihadapannya.

“Nyak, Suster-suster di sini baek-baek banget ye?. Tuh, Suster yang barusan lewat juga senyum ke Mamat. Terus cantik lagi. Mamat mau deh kalo disuruh tinggal disini. Mamat jadi berasa dikelilingi bidadari.” Mamat jadi berkhayal sedikit nih.

“Hush. Udeh deh, elo jangan ngawur. Suster gembrot begitu dibilang cantik.” Kata Enyak sambil memperhatikan Suster yang baru saja ditunjuk Mamat.

“Gembrot kan cuma bodynya Nyak. Tapi inner beauty-nya dong. Enyak kan cuma liat fisiknya doang.”

“Tampangnya sangar begitu, elo bilang juga ramah. Die gak senyum sama sekali tuh tadi ame kite. Kalo manyun, iye. Elo bener-bener gak beres nih otaknye. Berkhayal melulu bisanye,” protes Enyak lagi.

“Enyak pan lagi panas badannya, jadi wajar kalo Enyak ngeliat Suster-suster itu aneh. Pan justru Enyak yang terancam kena halusinasi gara-gara demam tinggi,” bela Mamat.

Enyak ingin protes lagi tetapi terhalang oleh panggilan Suster yang memanggil namanya.

“Nyak, nama Enyak dipanggil tuh,” seru Mamat.

Mamat dan Enyak kemudian berjalan menuju ruang praktek Dokter Nia Murniasih. Ternyata di dalam ruang tersebut Mamat melihat seorang wanita berwajah ayu, kulitnya putih bersih, senyumnya sangat manis dan dia ramah sekali.

Mata Mamat langsung berbinar takjub. “Wuih... mata aye gak salah nih? Ini Bidadari ape mahkluk halus ye?” bisik Mamat pada Enyak.

Enyak langsung nyikut perut Mamat tanda enggak suka. “Jangan kurang ajar, Mat. Ntu Dokter bukannya mahkluk halus macam memedi.”

Mamat meringis kesakitan karena kena sikut Enyak. Enggak disangka, Enyak jago banget kalo sikut menyikut. Istri pesilat emang kudu bisa bela diri juga dong.

Dokter Nia mempersilahkan mereka duduk dikursi dan bertanya, “Ibu sakit apa? Apa yang sedang dirasakan Ibu?”

Enyak kemudian menjelaskan penyakit yang sedang dideritanya, sementara Mamat masih terpesona dengan keindahan mahklus halus eh Dokter Nia yang ada dihadapannya.

“Oke, kita cek lab saja ya Bu? Saya beri surat pengantarnya untuk Ibu bawa ke lab?” ujar Dokter Nia seraya menuliskan sesuatu pada secarik kertas. Mamat melihat gerakan Dokter Nia bagaikan Bidadari yang sedang menari dimatanya.

“Setelah hasil lab didapat, Ibu bisa kembali lagi kesini untuk saya periksa hasil labnya. Nah ini surat pengantarnya.” Dokter Nia menyerahkan amplop putih berisi kertas yang tadi ditulisnya.

Sontak ketika Dokter Nia mengatakan mereka harus kembali, Mamat jadi kege-eran karena merasa Dokter tersebut ingin bertemu khusus dengannya.

“Makasih ye Dokter. Jadi entar kite boleh balik lagi kemari?” tanya Mamat senang.

“Tentu, dan itu harus.” Dokter Nia tersenyum manis. Hati Mamat makin melambung.

“Harus? Aduh Dokter begitu perhatian banget nih ama aye. Aye jadi malu.” Mamat menjadi tersipu-sipu karena merasa Dokter Nia begitu perhatian padanya.

“Lagi-lagi begini,” kata Enyak sambil nyikut Mamat lagi. Kali ini dengan hentakan yang sedikit keras dari yang pertama tadi.

“Aaaduuuuuhhhhh.... Ennnyyyaaaakkkk... saakiiitt...” pekiknya tertahan. “Dokter Nia, tulung periksa aye dong. Mamat takut tulang iganye ade yang patah nih,” pintanya pada Dokter Nia sambil membuka kaos sampai batas dadanya.

“Mamaaat.... Lu ngapain sih?” Enyak marah ke Mamat.

“Maapin anak aye ye Dok. Die lagi kumat kayanye nih.”

Dokter Nia tertawa melihat tingkah Enyak dan Mamat. “Tidak apa-apa, Bu! Saya senang kok. Pagi-pagi begini udah ada hiburan. Jadi bikin enggak bosen kalau banyak pasien seperti ini sih.”

“Kalo begitu, kite pamit aje Bu Dokter. Misi ye Dok!” pamit Enyak menahan malu sambil menggandeng Mamat yang masih meringis.

Sepanjang hari ini mulai dari ketemu Dokter Nia sampai ke lab terus sampai balik lagi ke ruangan Dokter Nia, Enyak kesel dengan kelakukan Mamat yang norak banget. “Enyak nyesel kenape enggak minta dianter Babeh aje tadi ke rumah sakit,” gerutunya dalam hati.

“Mat, elo bikin gue malu didepan orang-orang termasuk Dokter. Elo kenape sih hari ini? Bukannya bantuin Enyak yang lagi sakit, malah bikin gue keder.” Jelas banget Enyak lagi sewot gara-gara ulah Mamat hari ini.

“Mamat enggak kenape-kenape Nyak. Mamat Cuma terpengaruh suasana rumah sakit ini yang mayoritas cewek semua. Apalagi mereka cantik-cantik, termasuk Dokter Nia pastinye. Mata laki-laki kan silau kalo liat yang begituan. Mamat kan laki-laki, wajar dong kalo Mamat seneng lihat yang indah-indah juga. Dikelilingi cewek cantik jadi bikin Mamat kaya raja minyak aje ye? Hehehe...,” ujarnya sambil nyengir.

“Dasar! Elo mah emang ijo kalo liat yang begituan,” kata Enyak sambil ngejitak kepala Mamat.

Be te we Nyak, Mamat kayanya nanti pengen jadi Dokter aje deh. Selain bisa bantuin orang yang sakit juga bisa dikelilingi Suster-suster cantik. Gimane Nyak?” tanyanya sambil mematut-matut diri memasang gaya seperti seorang Dokter.

“Kagak cocok!” jawab Enyak manyun.

“Yah, si Enyak! Dukung dong cite-cite Mamat nih. Terus tadi gimane hasil lab-nya? Pan aye tadi gak ikut ke dalem buat dengerin hasilnye dari Dokter Nia.”

“Enyak kena gejala tipes. Kudu banyak istirahat di tempat tidur, terus kudu makan yang lembut-lembut juga. Sementara Enyak istirahat sambil ngobatin penyakit gue, elo musti bantuin gue beres-beres rumah ye? Termasuk nyuci ama masak.”

“Laaa... gimane sih? Masa kudu aye yang ngerjain semuanye. Emangnye enggak bisa manggil orang laen buat bantuin kite ape?”

“Katanya elo mau bantuin orang yang sakit, ini juga jalan menuju tercapainya cite-cite elo kan Mat?” sindir Enyak sambil menahan tawa.

“Bantuin ngobatin doang Nyak, bukannya bantuin beberes rumah dong. Itu mah jadi PEMBOKAT namanya.....” protes Mamat.

Jatibening, 17 Juni 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar