Selasa, 15 Februari 2011

Masalah Tidur Pada Bayi



Tahukah Bunda? Masalah tidur pada bayi baru muncul sekitar enam bulan menjelang akhir tahun pertama. Di sini bayi tidak bisa membedakan waktu antara siang ataupun malam. Malah mereka lebih sering terbangun di malam hari. Karena itu janganlah heran bila mereka bangun dan bermain pada malam hari.


Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Usahakan agar jam tidur siang bayi dikurangi. Membangunkan bayi tidur memang sulit tetapi bukan tidak mungkin. Jika ia  terbangun usahakan membuatnya terjaga lebih lama, misalnya dengan mengajak berbicara, bercanda, dll.
Jangan pula membuatnya terbangun terus pada siang hari. Kelelahan pada bayi menyebabkan bayi tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari

Sering terbangun
Bayi biasanya membutuhkan makan setiap 2-4 jam sepanjang hari. Jadi jangan terlalu berharap ia akan tidur sepanjang malam hingga usianya dua bulan. Ia terbangun karena membutuhkan nutrisi. Sedangkan untuk bayi prematur akan membutuhkan waktu lebih lama untuk makan pada malam hari. Selain lapar, bayi terbangun mungkin karena alergi atau sakit.
Pada usia 2-3 bulan, maka bayi siap untuk tidur lebih lama. Kecuali ada masalah kesehatan, jangan membangunkan bayi hanya untuk menyusuinya.

Perlunya  Pembiasaan   
Bayi menyukai rutinitas, terutama berkaitan dengan waktu tidur. Membiasakan sesuatu sebelum tidur seperti memberi makanan (menyusui) atau perhatian (Menggendong, menyanyikan lagu nina-bobo, dan menepuk-nepuk bisa membantunya tertidur.

Tetapi jika terbangun di malam hari. Ia mungkin mengalami infeksi telingsa. Jika ini terjadi, maka Anda perlu menggendongnya atau membawanya ke dokter.


Kiat menidurkan bayi
Tidurkanlah bayi pada waktu yang sama setiap harinya. Satu kali Bunda melewatinya, bayi sudah terlalu lelah. Ia menjadi sulit untuk tertidur.

Bangun sebuah kebiasaan
Beberapa bayi memerlukan upacara khusus sebelum tidur. Misalnya mandi air hangat, usapan lembut pada perut dan punggung ketika di timang-timang. Kegiatan ini membuat bayi merasa nyaman  dan membentuk rutinitas menjelang tidur.

Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk
Rewel, menggosok mata, terkantuk-kantuk biasanya menandakan bayi siap untuk tidur. Sering juga terjadi, bayi yang mulai tertidur tiba-tiba membuka lebar matanya lalu menutupnya dengan cepat. Tanda ini sering dilewatkan oleh orangtua.

Sesuaikan lampu dan suhu
Lampu temaram membuat bayi tidur lebih nyenyak, terutama bagi bayi sensitif. Jaga pula suhu ruangan bayi lebih hangat pada siang hari dan lebih dingin pada malam hari.  Hal ini membantu bayi untuk membedakan siang dan malam hari.


YANG PERLU DIHINDARI :
  1. Mencampurkan sereal ke dalam botol susu agar bayi kenyang. Hal ini justru membuat bayi merasa tidak nyaman dan susah tidur.
  2. Menimang bayi. Hal ini sangat menenangkan dan membantunya tertidur, tetapi ia akan ketagihan.
  3. Membiarkan bayi tidur sambil menyusu atau minum botol. Hal ini menciptakan kebiasaan buruk. Jika terbangun tengah malam, ia akan berharap Bundanya akan menyusuinya.

*sumber : Baby Guide 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar